- CLASS
Class merupakan
suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari
object. class juga merupakan grup suatu object dengan
kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
- METHOD
Metode menentukan perilaku
objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai
operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
Metode memiliki 4 (empat) bagian dasar :
- Nama metode
- Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
- Daftar parameter.
- Badan atau isi metode.
- CONSTRUCTOR
Perbedaan method biasa dengan
constructor adalah bahwa constructor harus memiliki nama yang sama
dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai kembalian.
Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.
- MODIFIER
Wilayah Akses
|
Public
|
Protected
|
default
|
Private
|
Kelas yang sama
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Antar kelas dalam package yangsama
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Tidak
|
Subkelas di package yang berbeda
|
Ya
|
Ya
|
Tidak
|
Tidak
|
Bukan Subkelas, package yang berbeda
|
Ya
|
Tidak
|
Tidak
|
Tidak
|
beberapa modifier penting lainnya :
- Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objeck atau kelas lain mesti tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berbeda, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.
- Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut maupun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta
- OBJECT
objek dibuat dengan cara menuliskan :
- NamaKelas NamaObjek = new NamaConstractor();
- NamaKelas Namaobjek;
NamaObjek = new NamaConstractor();
Membuat program Disket.java
public class Disket {
int panjang = 10;
final int LEBAR = 10;
String warna = "kuning";
String bentuk = "segiempat";
String data = "";
Disket() {
panjang= 100 ;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
void simpanData(String data1) {
this.data += data1;
}
void hapusData() {
data = "";
}
String bacaData() {
return data;
}
}
Disket.java |
Membuat program MainDisket.java
class MainDisket{
public static void main (String[] args) {
Disket disk1 = new Disket(50);
System.out.println("Panjang Disket = "+ disk1.panjang);
System.out.println("Lebar Disket = "+ disk1.LEBAR);
System.out.println("Warna Disket = "+ disk1.warna);
System.out.println("Bentuk Disket = "+ disk1.bentuk);
System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar java");
System.out.println("Setelah SimpanData = "+ disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah hapusData = "+ disk1.bacaData());
}
}
MainDisket.java |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar